[Kuliah di Luar Negeri] Nyasar ke Malaysia?!

LOH? NYASAR? KENAPA?

Halo semua! Kalo kalian semua ada yg nanya, loh bhy? kenapa kok milih kuliah di Malaysia? Jadi, sebenernya, sebelum aku pilih kuliah di Malaysia, ada beberapa negara yang sempet ada di listku, ada New Zealand aka Selandia Baru, Amerika Serikat aka USA, Inggris, dan Jerman. Justru, Malaysia gaada di list ku. Nah, terus kok nyasar ke Malaysia?

Jadi, setelah melakukan banyak pertimbangan akhirnya orang tuaku lebih menyetujui kalo aku kuliah yang deket-deket aja dari Indonesia. Pupuslah harapan untuk bisa ke Amerika, Inggris, dan Jerman yang notabanenya kalo naik pesawat gacukup cuma 10jam perjalanan. Nah, masih ada New Zealand nih, tapi ternyata waktu itu aku cari-cari agen konsulat pendidikan luar negeri kayak susah banget yg nawarin buat pergi ke New Zealand. Alhasil aku kayak udah putus asa, sambil mikir sambil iseng buka-buka email dan ternyata waktu scroll scroll aku nemuin satu email dari salah satu agen pendidikan, nah mereka ada menawarkan universitas yang ada di Malaysia. Dari situ aku mulai nanya-nanya kira-kira ada gak Universitas yang kasih scholarship? Nah kata mereka ADA! nah setelah itu aku nanya-nanya lebih dalem tentang jurusannya ada gak yang sesuai sama aku mau? kebetulan juga aku waktu itu cari jurusan Finance. Nah ternyata ada jurusan Finance, tapi kata mereka ada jurusan yg lebih kompleks yaitu Accounting and Finance. Langsung dong aku makin excited nah aku sudah milih negara yg mau aku tuju, sekarang galau mau pilih universitas yg mana.

Pilih universitas ini sempet bikin aku galau berminggu-minggu. Aku masih kayak nimbang dilihat dari segi biaya, kualitas pengajarnya, dan juga kredibilitas sekolahnya. Dan setelah pusing berminggu-minggu akhirnya aku memutuskan untuk memilih HELP UNIVERSITY yang berkolaborasi dengan UNIVERSITY OF DERBY yg ada di UK. Makin seneng dong aku, kuliah di Malaysia (baca: lebih murah) dan dapat sertifikat dari UK.

Begitulah kisahku nyasar kuliah ke Malaysia, kalo ada yg nanya kenapa gak kuliah di Indonesia aja? Karena, aku ingin mengeksplor dunia luar yang aku belum tau, aku pengen bisa tau lebih banyak jenis orang, lebih mengenal dunia luar, dan dapat melihat dunia gak cuma dari satu sisi aja.

Terimakasih untuk kalian yg sudah mau baca tulisanku, semoga bermanfaat untuk kalian yg mau memilih kuliah di luar negeri.

XoXo, Abhy

Komentar

Postingan Populer